Cara Mengatasi Berita Hoax

Cara Mengatasi Berita Hoax




Hay sahabat jalanantikus apa kabar? Semoga dalam lindungan Tuhan yang Esa. 
Akhir- akhir ini lagi santer soal berita Hoax Yang terjadi dipapua. Nah,kali ini admin mau berbagi tips cara mengatasi berita Hoax di internet.

Istilah Hoax atau berita palsu memang lagi populer sepopuler artis guys. Hihihihi..


Kemudahan dalam penyeberan sebuah berita hoax sangat cepat dengan adanya media sosial. 
Makanya kita sebagai pengguna media sosial yang bijak,selalu cermati berita yang ada. Nah dibawah ini beberapa tips mengatasi berita Hoax di internet :

1. Waspadai sebuah berita yang mengandung unsur provokatif.


Berita Hoax biasanya memiliki judul yang sangat sensasional dan provokatif, dan langsung menuju pihak tertentu. Konten dari berita hoax juga bisa diambil dari media resmi,namun sudah dirubah sebagian isinya dengan tujuan provokatif. Nah untuk mengatasi hal tersebut,carilah konten serupa dengan sumber yang berbeda. Apakah isi dari konten tersebut sama atau tidak. Jika tidak,itu sudah dipastikan Hoax.

Baca Juga : 


2. Periksa Fakta


Cara kedua adalah periksa Fakta dari berita tersebut. Caranya telusuri sumber berita itu,apakah dari institut resmi atau dari perorangan seperti tokoh,ormas atau oknum tertentu. Apakah berita tersebut berdasarkan Fakta atau Opini penulis. Fakta biasanya dilengkapi dengan sumber yang dapat dipercaya,adanya saksi dan tempat. Sedangkan Opini biasanya hanya ilustrasi dari penulis saja.

3. Cermati keaslian Foto


Dengan kecanggihan teknologi sekarang,semua Foto dan Video sangat mudah di edit. Makanya harus teliti dan cermat melihat foto yang ada dikonten tersebut. Atau kamu juga bisa mengeceknya langsung dengan mesin telusur Google. Dengan cara drop-and-drop di Google Image. Nah kamu akan menemukan beberapa foto yang sama digoogle image. 

Baca Juga:


4. Telusuri Alamat Situsnya


Ada beberapa situs yang biasanya langsung mencantumkan alamat situs mereka,hal ini agar terlihat Asli. Namun kita jangan langsung percaya saja guys. Kita harus menelusuri situs tersebut apakah sudah terverifikasi apa belum sebagai institut resmi atau bukan. 

Biasanya situs dengan domain blog kurang bisa diakui kebenarannya. Karena keterangan dari dewan Pers sendiri mengatakan ada lebih dari 43.000 situs portal berita ,namun yang baru terverifikasi hanya 300 saja yang resmi. Itu artinya ada puluhan ribu situs yang berpotensi menyebarkan berita Hoax. Untuk memeriksa keabsahan sebuah situs bisa disini

Kita sebagai pengguna Internet dan media sosial yang bijak,harus selalu teliti dan selalu waspada dengan adanya berita-berita provokatif. Mari jaga selalu keutuhan negara kesatuan tercinta kita ini. Jangan segan-segan laporkan jika kita mendapatkan berita yang berisi konten provokatif. Oke guys jangan lupa klik tombol sharenya ya guys. 

Jangan Lupa Komentarnya 🙏🙏🙏

Click to comment